M. Ari Wibowo

M. Ari Wibowo

Ari Wibowo adalah seorang Psikolog Klinis yang juga menjadi terapis Brainspotting. Brainspotting merupakan teknik psikoterapi terkini yang berlandaskan neurosains dan berfokus pada attunement antara terapis dan klien. Dengan menemukan brainspot, yaitu titik di bidang pandang yang berkaitan langsung dengan area di otak yang menyimpan simtom dan masalah, klien akan diajak untuk mengamati pengalaman internal dari proses penyembuhan otomatis yang terjadi oleh dirinya sendiri (otak dan badannya). Hasilnya, gangguan pada sensasi tubuh, pikiran, dan emosi yang berkaitan dengan masalah akan menghilang dan berubah menjadi positif.

Ari merupakan terapis Brainspotting tingkat Master termuda di dunia. Ia adalah orang Indonesia pertama yang belajar langsung dengan David Grand sebagai penemu Brainspotting (Brainspotting International, USA). Ia banyak melakukan terapi bagi remaja dan dewasa untuk kasus-kasus seperti kecemasan, fobia, berbagai trauma (kecelakaan, kekerasan fisik dan seksual), insomnia, bullying, depresi, adiksi, hubungan romantis (pacaran, pernikahan), masalah seksual, masalah emosi, pengembangan diri (kepercayaan diri dan komunikasi), peningkatan kemampuan belajar, peningkatan performa atlet, serta peningkatkan kapasitas spiritual. Selain Brainspotting, ia juga mempelajari berbagai teknik lain dan memperoleh sertifikat dalam bidang Ego State Therapy, NLP, Self Healing, CBT (Cognitive Behaviour Therapy), Exposure Therapy, dan Trauma Focused Therapy oleh Australia Centre for Post Traumatic Mental Health of Melbourne University.

Saat ini, ia berperan sebagai pengajar dan konselor di Balai Rehabilitasi Sosial Marsudi Putra Cileungsi, menjadi pembicara dan trainer dalam seminar dan pelatihan mengenai trauma dan pengembangan diri, menjadi associate di biro psikologi, serta menjadi relawan di salah satu komunitas kesehatan jiwa untuk pendampingan masalah depresi dan keinginan bunuh diri.